Tips Memasang MCB pada PHB (Box MCB)

MCB terpasang pada box MCB dan biasanya terletak di dalam rumah.Salah satu fungsinya adalah mendistribusikan dan membagi listrik ke ruang dalam rumah kita.Di postingan kali ini saya akan membahas khusus untuk listrik 1 fasa (220V) karena umum digunakan pada rumah tangga.Ketentuan pemasangan MCB pada box MCB sebagai berikut.

  1. Box MCB harus berjarak minimal 1,25 m dari lantai,dipasang & ditata sehingga memudahkan penggunaan dan pemeliharaan, serta aman bagi penghuni dan bangunan rumah.
  2. MCB utama pada box MCB harus memiliki kemampuan minimal 10 A atau lebih besar untuk beban daya yang terpasang pada bangunan.Misalnya 16A,20A ataupun 25A.
  3. Penyambungan kabel pada box MCB harus menggunakan terminal agar penyambungan dapat dilakukan dengan mudah,rapi,dan kuat.Selain itu,1 lubang terminal tidak boleh digunakan untuk menyambung 2 buah kabel dengan alasan keamanan.
  4. Kabel dari elektroda pembumian digabung dengan terminal kabel loreng kuning hijau (proteksi).Setelah itu,diberi kabel penghubung ke terminal netral dengan penampang kabel tufur (biasa disebut juga jumper).

Semoga bermanfaat.